Resep Seblak Basah yang Gurih Dan Pedas





Ada yang tahu makanan bernama seblak basah? Ya, seblak merupakan jenis makanan terpopuler di kalangan masyarakat bandung dan sekitarnya. Namanya memang terdengar unik dan tahukah anda jika keunikanya benar – benar bisa dibuktikan melalui bahan dasar beserta bahan – bahan tambahanya.

Entah dari mana awal kali pembuatanya, intinya bahwa seblak terbuat dari kerupuk mentah yang kemudian di rebus dengan air mendidih lalu ditumis bersamaan bumbu sekaligus bahan pendamping seperti telur, sayuran seafood, daging dan sebagainya.  Berdasar sumber, sebenarnya versi asli dari makanan khas Bandung ini hanyalah berjenis seblak basah pakai telur spesial.

Namun seiring berkembangnya zaman sebagian masyarakat pun mulai berkreasi terhadap bahan tambahan seblak basah sehingga ada begitu banyak jenis seblak basah bermunculan dalam kuliner Indonesia.

Bagi anda para pecinta wisata kuliner, nampaknya perlu sekali mencicipi seblak basah khas Bandung dimana rasa lezatnya tercampur bersama pedasnya kuah serta gurihnya irisan – irisan bawang goreng diatasnya.  Selain itu, harganya juga cukup terjangkau dan biasanya tersedia di pinggir – pinggir jalan kota. Namun bagaimana jika tidak sedang di wilayah Jawa Barat atau tak sempat mencicipi seblak basah secara langsung? Jangan khawatir karena anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan – bahan yang tentunya mudah diperoleh. 

Pada dasarnya, resep seblak basah sangat gampang untuk dipraktekkan karena cuma menyediakan 2  jenis bahan yaitu bahan utama dan bahan tambahan. Lebihlengkapnya, simak ulasanya berikut ini.


Bahan-bahan:

  • 100 g kerupuk bawang mentah, rendam dgn air panas hingga kenyal
  • 6 buah bakso sapi, iris iris
  • 3 buah sosis ayam, iris tipis
  • 2 btg daun bawang, iris halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • garam & gula secukupnya

Bumbu Halus:

  • 8 buah cabe merah kriting
  • 3 buah cabe merah rawit
  • 3 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 cm kencur

Taburan:
bawang merah goreng.

Cara Membuatnya:

  1. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang.
  2. Masukan irisan sosis, bakso, & krupuk yg sudah direndam, aduk rata.
  3. Tambahkan garam, gula, merica bubuk & air secukupnya. aduk rata. masak sebentar hingga bumbu meresap dgn semua bahan.
  4. Terakhir, masukan irisan daun bawang. aduk rata, cicipi rasa lalu angkat.
  5. Sajikan dgn taburan bawang goreng



Mudah bukan? Selain opsi diatas, anda juga boleh menggunakan bahan – bahan tambahan selain jenis daging. Patut diperhatikan, sebaiknya jangan asal pilih ketika mempersiapkan bahan utama kerupuknya karena berbeda dengan jenis lainnya dan harus memilih kerupuk aci kuning.  Sudah mengerti kan?

Selanjutnya, segera praktekkan Resep Seblak Basah ini agar tidak lupa setiap tahapanya. Baik pemula atau yang sudah terbiasa membuatnya tentu akan memiliki rasa berbeda – beda tergantung pilihan bahan beserta variasi bahan tambahan. Selamat mencobanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Kue Singkong Sunduk Urut , Kue Tradisional Khas Sidoarjo Yang Tak Lekang Oleh Waktu !

Cara Membuat Puding Buah Kaleng

Resep Misoa Goreng Ayam Wortel by Tintin Rayner