Resep Dan Cara membuat Donut Pizza By Bunda NaNa


Beberapa saat yang lalu netizen dihebohkan dengan promo donat sebuah franchise terkenal di Indonesia yang menawarkan Rp 99 ribu untuk 2 lusin donat. Antrian pun mengular luar biasa. Berbagai reaksi pun muncul di dunia maya, dari yang hebuh sendiri, menyayangkan antusiasme konsumen, sampai yang nyinyir.

Tapi kali ini kita nggak membahas hal itu lebih jauh. Daripada capek-capek antri, mending bikin donat sendiri yang nggak kalah cantik. Kali ini bunda Nana membagikan resep dan cara membuat donat pizza dengan isian wijen yang sangat centik dan menggoda selera. Bentuknya yang unik bisa dipastikan bikin orang yang melihatnya penasaran. Bisa untuk ide jualan atau untuk anak-anak. Yuk kita coba saja.

Bahan-bahan:

  • 535 gr terigu cakra 
  • 300ml susu cair hangat 
  • 5 sdm gula pasir
  • 4sdm wijen
  • 3sdm penuh maizena 
  • 2 sdm penuh margarine 
  • 2 btr kuning telur
  • 1 sdt penuh baking powder 
  • 1 sachet fermipan
  • 1/2 sdt garam


Cara Membuat:

  1. Siapkan wadah, hangatkan susu cair bersama gula pasir sambil diaduk-aduk. (gunakan api kecil dan cukup sampai hangat saja.
  2. Masukkan 10 sendok makan terigu dan aduk sampai kental. Kemudian tambahkan fermipan, aduk lagi sampai rata dan tutup wadahnya. Diamkan larutan biang susu-fermipan ini selama 25 menitan (proofing).
  3. Setelah biang mengembang, masukan wijen, maizena dan kuning telur. Aduk rata lalu masukkan 2 sdm margarin, separuh sisa terigu dan aduk sampai rata. Uleni adonan sambil menambahkan terigu sedikit demi sedikit sampai habis. Uleni sampai kalis elastis.
  4. Tutup dan diamkan adonan sampai mengembang (proofing ke 2). Setelah mengembang, kempiskan adonan.
  5. Giling tipis adonan seperti akan membuat pizza, dengan ketebalan sesuai selera. Biarkan adonan sebentar supaya adonan relaks, lalu cetak bulat. Bisa dengan cara menaruh baskom atau benda bulat lainnya di atas adonan, kemudian iris bagian pinggirnya.
  6. Biarkan adonan sejenak, lalu iris-iris melintang seperti memotong pizza.
  7. Pindahkan irisan adonan donat ke dalam wadah untuk proofing yang ke-3. Diamkan sampai mengembang.
  8. Setelah mengembang, goreng donat sampai matang, lalu olesi dangan pasta cokla dan taburan topping lainnya sesuai selera.

Selesai deh akhirnya. Donat siap disantap dan disajikan. Dijamin bikin keluarga dan tamu terheran-heran, hehehe...

Selamat mencoba yaa...!

Resep: NaNa Nurjanah Tsaqieb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Kue Singkong Sunduk Urut , Kue Tradisional Khas Sidoarjo Yang Tak Lekang Oleh Waktu !

Cara Membuat Puding Buah Kaleng

Resep Misoa Goreng Ayam Wortel by Tintin Rayner