Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Menu makanan sehat untuk ibu hamil – Kehamilan memang sangat dinantikan bagi semua pasangan terlebih bagi pasangan yang baru menikah. Saat momen bahagia tersebut sudah menjadi kewajiban setiap pasangan untuk menjaga, merawatan serta memperhatikan tumbuh kembang janin didalam kandungan . oleh karena itu, dibutuhkan berbagai asupan nutrisi yang bergizi agar kesehatan ibu dan janin terjaga. Makanan yang sarat akan nutrisi tidak hanya dibutuhkan saat masa kehamilan saja tetapi pada masa menyusui juga.
Makanan apa sehat seperti apakah yang dimaksud ? ok simak langsung saja yukkk menu makanan sehat ibu hamil dan menyusui, cekidot :
1. Konsumsi Makanan laut
Salah satu jenis makanan laut yaitu ikan salmo. Ikan salmon mengandung  nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil serta menyusi yaitu DHA serta EPA. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam tumbuh kembang sel-sel syaraf otak janin saat masih ada dalam kandungan. Sedangkang untuk masa penyusui kandungan tersebut berperan penting dalam  meningkatkan kwalitas ASI. Selain itu juga, konsumsi ikan laut juga baik untuk perkembangan mental.
2. Konsumsi Susu Rendah Lemak
Susu merupakan salah satu minuman sumber protein, kalsium serta vitamin yang dibutuhkan oleh bumil serta menyusui. Susu berperan penting untuk mejaga kesehatan serta kekuatan tulang janin serta menghindari pengeroposan tulang tulang bagi ibu. Pilihlah produk susu atau olahan susu yang rendah lemak. Jangan lupa untuk mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari.
 3. Konsumsi Daging Merah Tanpa Lemak
Konsumsi daging merah memang disarankan agar untuk mencukupi kebutuhan akan protein terpenuhi, akan tetapi sebaiknya konsumsi daging merah tanpa lemak.
4. Konsumsi Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga sangat di butuh sebagai salah satu sumber protein nabati. Nah, kacang-kcangan juga bisa menjadi alternatif bagi anda yang tidak suka daging karena kaya akan kandungan protein serta zat besi. Selain memiliki nutrisi yang sama harganya pun cukup ekonomis.
5. Konsumsi Buah Berry
Buah berry (strawbery, blackberry, mulberry serta blueberry) merupakan buah yang sangat tinggi akan kandungan antioksidan. Buah berry juga mampu manjaga stamina sekaligus meningkatkan energi bagi janin dan ibu, sehingga tidak mudah sakit. Sebaiknya buah berry tersebut di konsmusi dalam bentuk jus, agar mudah diserap cepat oleh sel-sel tubuh.
6. Konsumsi Karbohidrat Komplek
Sebaiknya konsumsi jenis karbohidrat komplek seperti beras merah serta beras hitam dibandingkan beras putih. kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut lebih sehat karena mengandung lebih banyak serta dan rendah karbohidrat sehingga tubuh tidak akan mengalami kenaikan berat badan yang berlebih. Bisa juga menggnatina dengan gandum ( roti gandum, seal ga gandum dll).
7. Konsumsi Jeruk
Jeruk memang kaya akan kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh ibu hamil serta ibu menyusui. Vitamin C berperan penting dalam menjaga kesehatan janin serta ibu karena mengadung antioksidan. Rasa pun yang segar dapat menghilangkan dahaga bahkan dapat menghilangkan rasa mual.
8. Konsumsi Telur
Telur memang banyak mengandung banyak nutrisi seperti vitamin D, protein dll. Sebaiknya konsumsi telur kampung yang di rebus bukan di goreng. telur  ayam kampung berfungsi untuk menguatkan tulang serta baik untuk tumbuh kembang baik.
9. Asam Folat
Asam Folat berfungsi untuk menjaga agar janin terlahir dengan sempurna dan terhindar dari cacat lahir, sekaligus menjaga tumbuh kembang janin.
10. Konsumsi Sayuran Hijau
Makanan yang satu wajib di konsumsi setiap hari karena mengandung banyak nutrisi serta manfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Sayur salah satu makanan yang harus selalu ada dalam daftar menu harian anda. Karena sayuran hijau berperan penting dalam menjaga fungsi usus, melancarkan pembuangan karena kaya akan serat, menutrisi kulit karena kandungan nutrisi alaminya, menjaga kesehatan, memberikan energi dll.
11. Cukupi Akan Cairan
Air mencegah resiko dehidrasi yang dapat menghambat proses metabolisme tubuh. selain mencukupi air putih 8 sampai 10 gelas setiap hari, anda pun dapat mengkombinasikanya dengan mengkonsumsi buah melon, semangka, pepeya, anggur dll.
Demikianlah artikel sederhana mengenai menu makanan sehat ibu hamil semoga dapat bermanfaat bagi pembaca khusunya ibu hamil dan menyusui.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Kue Singkong Sunduk Urut , Kue Tradisional Khas Sidoarjo Yang Tak Lekang Oleh Waktu !

Cara Membuat Puding Buah Kaleng

Yuk Mengenal Fungsi dan Kegunaan 9 Bahan Kue untuk Pemula, Wajib tau Nih Bunda!